UT BUka Peluang Kuliah Lebih Luas

Jumat, 30 Mei 2008

JAKARTA (Suara Karya):
Menyiasati biaya kuliah di perguruan tinggi negeri (PTN) yang makin mahal, tak salah jika masyarakat mulai melirik keberadaan Universitas Terbuka (UT). Jumlah mahasiswa UT dari tahun ke tahun menunjukkan peningkatan yang luar biasa, mencapai 12 ribu setiap tahunnya.
“UT diminati tidak saja karena biayanya yang murah, tapi juga karena memberikan kesempatan untuk kuliah sambil tetap bekerja,” kata Rektor UT Atwi Suparman usai mewisuda 25.762 orang sarjana program S-1 dan Diploma 4 serta 199 orang lulusan akta mengajar, di kampus UT Pondok Cabe, Kamis.
Untuk mendukung kuliah, UT memiliki unit program belajar jarak jauh atau UPBJJ yang jumlahnya mencapai 33 unit. Melalui UPBJJ, seorang mahasiswa bisa mengikuti perkuliahan tanpa harus datang ke kampus.
Sistem itu, lanjut Atwi, juga memungkinkan mahasiswa yang tinggal jauh dari Jakarta bisa memantau segala tugas perkuliahan dari dosennya. “Kalau di kelurahan ada komputer, cukup ke kelurahan saja. Atau mengakses melalui jaringan internet di warnet,” lanjut Atwi.
UT, diakui Atwi, tengah mengupayakan pengadaan komputer di setiap kelurahan bekerja sama dengan Depdagri. Komputer ini bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa yang tinggal di daerah terpencil.
Dari 33 UPBJJ yang ada, 11 di antaranya sudah mengantongi sertifikat ISO, 14 unit akan diupayakan tahun ini dan ditargetkan sampai 2009 semua UPBJJ sudah memiliki sertifikat ISO. (Tri wahyuni)
About these ads

Tinggalkan komentar

Filed under Berita UT

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s