BEASISWA Strata1 ke PTN !

untuk lulusan SLTA 2008 & 2007

Saat ini aksesibilitas studi ke jenjang pendidikan tinggi bagai piramida yang berdiri tegak, semakin kecil saja jumlah masyarakat yang dapat menggapai ke atas. Oleh karena itu sudah menjadi kewajiban kita semua untuk mencari jalan keluarnya agar masyarakat tetap memiliki akses yang memadai untuk mengecap pendidikan tinggi. Sejalan dengan itu utkampus yang berdiri sejak 1989, sebagai pusat studi mahasiswa (psm) bagi mahasiswa Universitas Terbuka yang pertama di Indonesia, pada masa registrasi 2008.2 ini akan memberikan beasiswa bagi 70 orang calon mahasiswa terbaik yang berprestasi.

Penerima beasiswa akan diprogramkan dapat menyelesaikan studi strata satu (S1) sesuai program studi pilihannya dalam jangka waktu 3.5 tahun selesai dan diwisuda –dengan tidak mengurangi bobot dan kualitas lulusannya serta akan berhak menyandang gelar dan ijazah negeri dari Departemen Pendidikan Nasional yang dapat dipergunakan untuk menunjang karir dalam bekerja maupun melanjutkan ke program S2 di UT sendiri maupun di perguruan tinggi lainnya.

Disamping sebagai kontribusi utkampus dalam pemerataan pendidikan tinggi bagi masyarakat, program beasiswa ini diharapkan juga turut mendukung eksistensi Universitas Terbuka sebagai salah satu terbaik diantara open university di Asia –sesuai dengan visi menjadi terdepan di Asia pada tahun 2010 dan unggulan dunia pada 2020.

Syarat Penerima Beasiswa

Calon mahasiswa yang berhak mengajukan beasiswa adalah :

  1. Siswa SLTA lulusan 2008 dan 2007 dengan rangking kelas 9 besar
  2. Tidak sedang mendaftar seleksi mahasiswa baru ke PTS dan PTN lain (melalui SPMB atau jalur non SPMB)
  3. Tidak sedang terikat dengan beasiswa dari institusi lain
  4. Belum mempunyai pekerjaan tetap

Pilihan Program Studi

Beasiswa utkampus untuk 70 orang akan disebar dalam program studi berikut :

Fakultas Ekonomi :

  • Program Studi Akuntansi (S1) – untuk 20 orang penerima beasiswa
  • Program Studi Manajemen (S1) – untuk 15 orang penerima beasiswa

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik :

  • Program Studi Komunikasi (S1) untuk 20 orang penerima beasiswa
  • Program Studi Pemerintahan (S1) untuk 15 orang penerima beasiswa

Cara Pengajuan Beasiswa

Bila anda merasa memenuhi syarat di atas silahkan mengajukan permohonan beasiswa segera dengan cara :

· Datang sendiri (tidak diwakilkan) ke utkampus di Jalan Terusan Halimun 37 Bandung (daerah Jl. Pelajar Pejuang – Jl. Talagabodas) mulai tanggal 27 Maret 2008 setiap jam 13.00 – 18.00 WIB Senin – Jum’at.

· Mendaftarkan diri anda dengan mengambil Formulir Pendaftaran Mahasiswa Baru dan Formulir Beasiswa.

· Mengembalikan Formulir Beasiswa disertai Surat Permohonan Beasiswa ditulis tangan, copy KTP, copy Kartu Keluarga, copy rapor yang menunjukkan ranking 9 besar dilegalisir.

· Permohonan beasiswa akan diproses paling lama dalam 7 hari sejak pendaftaran dan diumumkan dalam daftar Penerima Beasiswa 2008 di www.utkampus.net atau dihubungi via telephone

· Kemudian lakukan daftar ulang dengan membawa Formulir Pendaftaran Mahasiswa Baru berikut persyaratan yang diperlukan ke sekretariat utkampus. Persyaratan yang tidak lengkap akan ditolak

· Mereka yang tidak melengkapi persyaratan dalam tiga hari sejak pengumuman akan dinyatakan gugur dan quota akan diberikan kepada yang lain.

· Permohonan beasiswa akan langsung ditutup pada saat quota terpenuhi

· Tidak ada surat menyurat dan dispensasi apapun dalam penetapan penerima beasiswa

Keputusan seleksi penerima beasiswa menurut aturan dan ketentuan yang ditetapkan utkampus adalah tetap dan tidak dapat diganggu gugat.

Bentuk Beasiswa

Beasiswa diberikan berupa pembebasan :

· Uang Kuliah (gratis)

· Sumbangan Pendidikan (gratis)

· Potongan Biaya SKS sebesar 50% dari yang umum (non beasiswa)

Ketentuan lebih rinci bisa dibaca (klik disini) Aturan Beasiswa.

Info : 022-7031.4141 (CDMA)

022-920.99941 (CDMA)

022-731.3350 (PTSN)

Aturan Beasiswa

Seseorang dinyatakan berhak menerima beasiswa apabila :

  1. Telah mendaftarkan diri sebagai sebagai mahasiswa baru

  1. Telah mengembalikan formulir beasiswa dan surat permohonan beasiswa ditulis tangan sendiri.

  1. Telah dinyatakan berhak menerima beasiswa yang diumumkan di situs www.utkampus.net dan pemberitahuan resmi dari utkampus.

  1. Melakukan pendaftaran ulang sebagai mahasiswa baru dengan membawa formulir pendaftaran dan persyaratan lainnya yaitu pas foto, legalisir copy ijazah SLTA

  1. Tidak sedang mengikuti seleksi penerimaan mahasiswa baru di PTN dan PTS lain.

  1. Pemberian beasiswa berupa pembebasan :

· Pembebasan Uang Kuliah (gratis)

· Pembebasan Sumbangan Pendidikan (gratis)

· Keringanan Biaya SKS yang seharusnya sebesar Rp 50.000/sks untuk program umum, menjadi hanya Rp 25.000/sks saja, ditambah biaya administrasi Rp 60.000. Total biaya SKS ini bisa diangsur tiap bulan sampai lunas pada tanggal 11 Agustus 2007 (Keringanan Uang SKS hanya untuk pengambilan mata kuliah paket saja)

  1. Wajib mengikuti perkuliahan/tutorial (berada dan tidak meninggalkan kelas tutorial) yang akan dimulai pada tanggal 30 Juni 2008 jam 17.00 WIB untuk setiap mata kuliah yang dipaketkan dengan jumlah kehadiran minimal 9 kali pertemuan (75%).

  1. Menyerahkan semua tugas yang harus dibuat dari tiap mata kuliah (bila mata kuliah yang diambil ada tugasnya)

  1. Beasiswa akan diberikan selama di semester pertama, tetapi jika di semester pertama mahasiswa memiliki hasil Ujian Akhir Semester (UAS) dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) ≥ 2.0 serta ketentuan 5 dan 6 terpenuhi, maka beasiswa secara otomatis akan diperpanjang dan berlaku untuk semester kedua.

  1. Penerima beasiswa yang gugur di semester pertama, yaitu IPK < 2.00 dan ketentuan 7 dan 8 tak terpenuhi, maka di semester kedua ketentuan Uang SKS mengikuti nominal program umum (non beasiswa)..

  1. Beasiswa dapat diperpanjang di semester ketiga, bila IPK rata-rata semester I dan II ≥ 2.50 serta ketentuan 7 dan 8 terpenuhi . Bila IPK≥ 2.50 serta ketentuan 7 dan 8 terpenuhi di semester III seterusnya dapat dipertahankan, maka beasiswa akan terus diperpanjang sampai semester akhir (ke-7) dengan ketentuan yang sama.

  1. Penerima beasiswa wajib membeli materi bahan ajar (modul) untuk mata kuliah paket tiap semester, bundel soal latihan dan jaket almamater.

  1. Selama program beasiswa mahasiswa tidak diperkenankan pindah jurusan/program studi.

  1. Bersedia mentaati semua peraturan dan ketentuan yang berlaku di utkampus


Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s