Internet bagi UT mutlak

Rahmat Indra (06/11/200720:46 WIB)

internetJurnalnet.com (Tangerang): Saat ini pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (ICT) terutama web dan internet sudah mulai dipakai oleh negara-negara moderen sebagai pendekatan media pembelajaran.

Universitas Terbuka yang memiliki mahasiswa di seluruh penjuru tanah air dengan berbagai tingkatan sosial, latar budaya dan etnis yang beragam, sangat berpotensi mewujudkan pendidikan tinggi lewat media ICT internet secara online.

Demikian yang dikatakan oleh Rektor Universitas Terbuka (UT) Atwi Suparman disela-sela acara wisuda periode ketiga tahun 2007 dengan meluluskan 7 orang pascasarjana dan 3.507 lulusan S1 & diploma, serta 896 lulusan akta mengajar, di Pondok Cabe, Tangerang, Banten, Selasa (6/11).

“Dalam penyelenggaraan pendidikan jarak jauh seperti UT, teknologi internet menjadi sarana yang tepat untuk menjembatani kendala ruang dan waktu bagi mahasiswa UT. Pemanfaat internet ini mutlak,” kata Atwi.

internPemanfaatan media ICT sebagai meningkatan mutu pendidikan dan layanan kepada mahasiswa. Salah satu diantaranya mengoptimalkan pelayanan proses belajar mandiri mahasiswa dengan bantuan tutorial elektronik lewat internet.

“Penyelenggaraan tutorial lewat internet ini memfasilitasi mahasiswa agar mereka berpartisipasi dalam pembelajaran lebih intensif. Materi pada tutorial online di UT ini dilaksanakan selama delapan minggu, yang dimuai setelah penutupan masa registrasi dan tanpa dipungut biaya tambahan,” paparnya.

Terpilih Presiden AAOP

Atwi mengatakan usaha dan komitmen UT terhadap penyelenggaraan pendidikan tinggi jarak jauh yang berkualitas terus ditingkatakan. Usaha itu membuahkan hasil dengan diperolehnya ‘sertifikat kualitas dan akreditasi internasional’ ICDE pada 12 Agustus 2005.

Peningkatan mutu itu rupanya dilirik oleh negara-negara penyelenggara pendidikan jarak jauh lainnya. Maka pada konferensi ‘Asian Association of Open Universities (AAOP) ke-21 pada 29-31 Oktober lalu di Kuala Lumpur, Malaysia, Rektor UT terpilih sebagai Presiden AAOP periode 2008-2011.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s