Pengujian UT Terbaik di Asia

Sistem pengujian Universitas Terbuka (UT) di Indonesia mendapat pujian terbaik di Asia.

UT dianggap layak mendapat penilaian tinggi, dan meraih akreditasi internasional dari International Council for Open and Distance Education (ICDE). Lembaga ini merupakan organisasi dunia bidang pendidikan terbuka dan jarak jauh.

“Kami surprise selama observasi di UT Indonesia ternyata memiliki sistem pengujian terbaik di Asia,” kata David Sewart dan Svein O Haaland kepada pers di kampus UT Pondok Cabe, Ciputat, Tangerang, Jumat (10/6) pagi.

Kedua auditor dari ICDE Standards Agency (ISA) ini diundang Rektor UT, Atwi Suparman melakukan akreditasi internasional dan sertifikasi dalam Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi Jarak Jauh (PTJJ).

ICDE berkantor pusat di Oslo, Norwegia, dan sejak 2001 berkantor secara online di Spanyol. Anggota ICDE terdiri 142 negara dan UT Indonesia menjadi salah satu anggotanya. Sejak 2003 ICDE melakukan penilaian kualitas pendidikan terbuka dan jarak jauh dengan membentuk ISA.

Kedua auditor berpengalaman tersebut bekerja melakukan audit terhadap UT sejak 6-10 Juni 2005.

Mereka telah melihat sejumlah aspek penilaian bidang administrasi, manajemen dan teknologi. Sistem pengujian UT dinilai memiliki standar tinggi setaraf dengan standar UT di Inggris. Dengan standar itu ijazah yang diraih mahasiswa UT bermutu tinggi. “Dalam berbagai aspek kami menilai UT sudah bagus dan excellence, kami puas dengan observasi di sini sehingga UT Indonesia memenuhi syarat mendapat sertifikat internasional,” kata David Sewart yang juga pengajar UT di Inggris yang merupakan UT terbaik di dunia.

Rektor UT Atwi Suparman menyatakan kegembiraannya atas penilaian ISA tersebut. “Alhamdulillah kalau kami baik dan bisa mendapat akreditasi internasional merupakan kerja keras jajaran staf UT semuanya. Keberhasilan ini menjadi semangat dan modal kami untuk terus bekerja lebih giat.” Dijadwalkan pemberian akreditasi internasional dilakukan September 2005 bertepatan dengan Konferensi UT se Asia di UT Indonesia selaku tuan rumah penyelenggara.

Atwi menambahkan di saat perguruan tinggi di Indonesia hanya menduduki rangking terbawah di tingkat internasional, keberhasilan UT meraih penghargaan internasional diharapkan menjadi perhatian bagi pemerintah.

JAKARTA, 14 Jun 2005 08:48 am

dari : http://www.ajangkita.com/forum/viewtopic.php?t=8406

dari : pontianakpost.com

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s