Target Tahun 2009 UT, Seluruh UPBJJ Peroleh ISO 9001:2000

urnalnet.com (Tangerang):

(02/04/2008 – 09:44 WIB)

Universitas Terbuka (UT) sedang menjalankan pengelolaan tutorial online. Dengan begitu teknologi komunikasi di UT sangat mendukung proses belajar.

“Teknologi komunikasi dan informasi di UT sudah semakin baik. Tahun 2008 ini kami sedang mempersiapkan sistem tutorial online sebanyak 550 mata kuliah,” kata Rektor UT Atwi Suparman, usai mewisuda 3.511 orang lulusan program sarjana, diploma serta pasca sarjana Fakultas Ekonomi, FISIP, FMIPA dan FKIP di Kampus Pondok Cabe, Tangerang, Selasa (1/4).

Dikatakannya, sistem tutorial online ini masih ada di pusat. Pencanangan sistem inu untuk melayani sedikitnya 16 dari 37 Unit Pelaksana Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) yang ada di seluruh Indonesia.

Hal ini diupayakan terus menerus oleh UT untuk meningkatkan standar kualitas pelayanan di lingkungannya dan 37 UPBJJ. “Karena itu UT kini terus berbenah diri dalam menyediakan sarana belajar yang berstandar internasional agar pada 2020 bisa menjadi Perguruan Tinggi Jarak Jauh Terbaik (PTJJ) di Asia,” kata Atwi berharap.

Dalam upaya mencapai jaminan kualitas pendidikan tinggi itulah, UT sejak 2005 telah mendapatkan sertifikasi ISO 9001:2000 bidang manajemen di 11 UPBJJ.

“Paling lambat 2009, seluruh UPBJJ sudah bisa meraih sertifikasi ISO 9001:2000. Dan pada akhirnya, cita-cita untuk menjadi PTJJ terbaik di Asia bisa diraih UT pada 2020,” imbuh Atwi.

World Class

Ia mengatakan masyarakat terhadap pelayanan pendidikan semakin kritis. Mereka semakin menekankan pentingnya jaminan kualitas dalam setiap proses belajar mengajar yang baik.

Hal itu seiring dengan keinginan Depdiknas untuk meningkatkan jumlah perguruan tinggi di dalam negeri yang memiliki standar ‘world class’

“Jika seluruh perguruan tinggi di Indonesia melakukan pelayanan pendidikan tinggi dengan standar dunia, maka tidak banyak lagi masyarakat kita atau calon mahasiswa S1 yang kuliah ke luar negeri,” katanya.

Ia mengakui proses menuju ‘world class’ itu sangat melelahkan, dan banyak mengeluarkan tenaga, pikiran serta biaya yang tidak sedikit untuk mencapai itu.

“Peningkatan kualitas pendidikan itu mesti sistemik serta komprehensif, dan tidak hanya satu komponen saja yang diurusi. Sebab satu komponen itu saling bergantung dengan komponen lain,” katanya.

Bagi UT sendiri penerapan ISO itu sejalan dengan visinya untuk menjadi perguruan tinggi jarak jauh unggulan daik di tingkat Asia maupun di tingkal global. “Sehingga dalam menuju world class, standar dan jaminan mutu itu mesti ada. Tapi tidak mengubah kultur kita,” katanya.***(rht)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s