UT raih e-LEARNING Award 2007

PEMENANG I e-LEARNING Award 2007

, Bukan Kontes Biasa

Bidang teknologi informasi (TI) identik dengan kemajuan dan kecanggihan. Namun ternyata, kemajuan dan kecanggihan itu tak melulu milik nama-nama besar. Setidaknya itulah yang terbukti dari ajang e-Learning Award 2007 hasil kerja sama Pustekkom Depdiknas dengan SWA. Lihat saja.

Nama Universitas Terbuka (UT) meski diakui bukanlah favorit anak-anak SMA zaman sekarang sebagai tambatannya untuk melanjutkan studi. Toh kenyataannya, di ajang ini UT muncul sebagai yang terbaik di kategori Best Online Learning (subkategori non-perusahaan) mengalahkan nama-nama perguruan tinggi beken. UT dengan kesederhanaannya mampu menampilkan output yang inovatif…. Universitas Terbuka (UT) dinilai para juri sukses mengembangkan model pembelajaran via Internet.

Menurut T. Eduard A. Sinar, Ka Puskom, pembentukan sistem pembelajaran secara online di lembaganya dilandasi kebutuhan komunikasi antara dosen dan mahasiswa sebagai bagian dari proses belajar.” Investornya adalah Pemimpin UT terutama Prof. Tian Belawati, Pembantu Rektor Bidang Akademin”. Adapun pengembangannya adalah staf Pusat Komputer UT. Dana yang dikucurkan buat proyek ini lebih banyak digunakan untuk pengembangan Learning Management System dan konten (bahan tutorial).

Bahasa program yang digunakan cukup populer, yaitu: PHP, JavaScript, dan Pearl. ”Universitas Terbuka, walaupun tidak punya keahlian teknis, mempunyai kemampuan yang cukup tinggi untuk sistem pendidikan online,” Kepala Pustekkom, Lilik Gani, memuji. Sistem online learning di UT berisi layanan (semuanya berciri online) bagi mahasiswa yang mencakup mulai dari registrasi, konseling dan tutorial, latihan mandiri, pengecekan nilai ujian, lembar kemajuan akademis mahasiswa, jurnal, hingga pelaksanaan ujian. Fasilitas yang disediakan terdiri dari Tutorial Online, Informasi Akademis (Sejarah Nilai, LKAM Online, Bahan Ajar Audio Video/Suplemen, Registrasi Ujian Berbasis Komputer), dan Forum.

Penggunaannya terbilang mudah karena tombol dan petunjuknya dalam bahasa Indonesia. Materi ajar yang disediakan sistem online learning ini (beralamat http://www.ut.ac.id) merupakan tutorial dan tugas dari mata kuliah, sehingga mahasiswa dapat dengan mudah mengakses jika tertinggal salah satu mata kuliah. Juga, materi diberikan berbasis dokumen yang sudah umum (Word, Excell), interaktif (Flash, Java Script), dan multimedia (audio video). Diklaim Eduard, hingga masa registrasi pertama pada tahun 2007, jumlah mahasiswa yang mengikuti tutorial online sebanyak 30 (tiga puluh) ribu orang. Toh, sistem online learning UT ini dinilai masih memiliki kekurangan. Yakni, sistemnya baru bisa mendeteksi durasi mahasiswa dalam kegiatan, belum termasuk detail aktivitas yang dilakukan mahasiswa selama mengakses…

Sumber: Majalah SWA No.24/XXIII/8-21 November 2007

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s