WISUDA UT Periode II Tahap I Th. 2008

Posted by: Humas On 05/28/2008 11:24 AM
Updated by: Humas On 05/29/2008 08:44 AM
Expires: 01/01/2013 12:00 AM

PRESS RELEASE WISUDA UT Periode II Tahap I Th. 2008


Pada Selasa, 27 Mei 2008, Universitas Terbuka (UT) menyelenggarakan Wisuda Periode II Tahun 2008, dengan meluluskan 8 orang Program Pascasarjana dan 25.762 orang lulusan Program Sarjana dan Diploma dari 4 Fakultas (FEKON, FISIP, FMIPA, dan FKIP), serta 199 orang lulusan Akta Mengajar.

Rangkaian kegiatan Wisuda Periode II Tahun 2008 ini, diawali dengan kegiatan penanaman pohon langka, temu wicara dan seminar yang dilaksanakan pada Senin, 26 Mei 2008, dengan tema seminar “Membangun Daya Saing Bangsa Melalui PTJJ Berkualitas Internasional”. Pembicara seminar adalah:

1.
Prof. Dr. Kisyani, M.Hum (Kepala UPBJJ-UT Surabaya).
2.
Imam Widijatno, SE (Asisten Deputi IV Menko Perekonomian Urusan Perbaikan Iklim Usaha).
3.
Allen Usi Karundeng, S.S., S.Sos (Alumni UT).

Dalam kesempatan ini, Rektor UT, Prof. Dr. M. Atwi Suparman, M.Sc, mengatakan bahwa proses pendidikan yang berkualitas merupakan bagian penting dari komitmen UT dalam menjalankan perannya di dunia pendidikan tinggi, melalui tiga fokus pengembangan UT yaitu peningkatan kualitas akademik, pengembangan manajemen internal, dan peningkatan angka partisipasi mahasiswa. Perbaikan mutu akademik dan manajemen internal yang selama ini dilaksanakan, telah dapat memberikan dampak yang signifikan dalam peningkatan angka partisipasi mahasiswa.

Rektor menyampaikan bahwa tahun 2008 ini merupakan tonggak penting karena bertepatan dengan tiga windu usia UT. Usia yang cukup matang untuk menjadi “perguruan tinggi jarak jauh unggulan, di tingkat Asia pada tahun 2010 dan dunia pada tahun 2020”. Serangkaian upaya penataan internal telah dilakukan agar visi UT dapat segera terwujud. Berbagai upaya telah dilakukan UT seperti peningkatan kualitas layanan, peningkatan kualitas SDM, penataan organisasi, manajemen keuangan, dan peningkatan kualitas fasilitas kerja.
Dalam hal peningkatan kualitas layanan, penjaminan mutu menjadi agenda utama keseluruhan operasional UT.

Rektor menjelaskan bahwa dengan penyelenggaraan sistem jaminan kualitas, sampai dengan tahun 2008 ini telah diperoleh sertifikat dan penghargaan. Sertifikat yang pertama kali diperoleh UT berasal dari International Council For Open and Distance Education (ICDE). Selanjutnya, secara berturut-turut UT telah memperoleh sertifikat ISO untuk bidang Layanan Bahan Ajar, Pengembangan Bahan Ajar dan Bahan Ujian, Layanan Administrasi Akademik dan Manajemen UPBJJ (Unit Program Belajar Jarak Jauh) UT untuk 11 UPBJJ-UT. Pada tahun 2008 ditargetkan akan ada 14 UPBJJ-UT lagi yang akan mendapat sertifikat ISO, dan pada 2009 seluruh UPBJJ-UT telah mendapat sertifikat ISO. Disamping itu, akan diupayakan perolehan sertifikat bidang Keselamatan dan Kesehatan Kerja (OHSAS), serta bidang informasi yaitu Promosi dan Kerjasama. Dengan diperolehnya berbagai penghargaan berkualitas internasional tersebut, Pemerintah Indonesia melalui Menteri Pendidikan Nasional, pada 4 Februari 2008 menganugerahkan penghargaan Anugrah Anindyaguna kepada UT.

Rektor menyampaikan bahwa UT mempunyai komitmen, antara lain dalam hal: (1) peningkatan kualitas SDM; (2) penyempurnaan dalam pengelolaan keuangan yang sesuai dengan prinsip-prinsip Good and Corporate Governance, untuk mencapai target UT memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa
Keuangan (BPK); (3) penerapan lingkungan pembelajaran yang lebih berkualitas dalam penataan fasilitas, dengan menyempurnakan berbagai fasilitas kerja yang memadai dan dikelola secara profesional; dan (4) peningkatan pemanfaatan teknologi komunikasi dan informasi.

Rektor mengatakan bahwa proses perubahan di UT dapat berjalan dengan baik dan terkendali, sehingga membuahkan hasil yang membanggakan. Berbagai prestasi yang telah dicapai UT baik di tingkat nasional maupun internasional, telah mengantarkan UT menjadi salah satu dari 7 perguruan tinggi yang masuk dalam World Class Universities di Indonesia, disamping UI, UGM, ITB, IPB, Undip, dan Unair.

Rektor menyatakan bahwa untuk menghasilkan lulusan yang mempunyai jiwa wirausaha dan memiliki keunggulan daya saing, UT sebagai institusi perguruan tinggi pendidikan jarak jauh dapat berperan penting di dalamnya. Untuk itu UT telah mengembangkan langkah-langkah strategis seperti peningkatan kualitas proses belajar, peningkatan kompetensi lulusan melalui kurikulum yang terintegrasi, dan pengembangan program yang dibutuhkan masyarakat. Sementara peningkatan proses belajar berbasis ICT (Information Communication Technology) akan terus dilakukan untuk meningkatkan kemampuan belajar mandiri dalam hal penyediaan materi pembelajaran, pemberian bantuan belajar, pelaksanaan ujian, dan pengelolaan administrasi akademik. Penggunaan ICT dapat lebih mendorong penyelenggaraan pendidikan oleh UT menjadi lebih transparan, akuntabel, responsif, dan dinamis sesuai dengan dinamika masyarakat. Pemanfaatan ICT untuk pembelajaran merupakan revolusi dalam pembelajaran.

Rektor menjelaskan bahwa untuk meningkatkan kompetensi lulusan yang mampu mengolah SDA dan SDM serta berdaya saing internasional, UT juga mengembangkan program-program pendidikan mulai Diploma, Strata 1, dan Strata 2. Ke depan UT akan meningkatkan perannya dengan mengembangkan program Strata 3 dan pendidikan berkelanjutan. Pengembangan program yang lebih dibutuhkan masyarakat, juga menjadi prioritas UT yang akan datang. Penawaran program-program yang dibutuhkan masyarakat, baik nasional maupun internasional sangat penting untuk mencapai keunggulan bersaing bangsa. Hal ini sejalan dengan Visi Pendidikan Indonesia 2025 dan Visi Indonesia Emas 2050 yang menekankan penggabungan antara “kearifan lokal”, yaitu keunikan potensi SDA daerah dengan peningkatan kapabilitas SDM daerah tersebut. UT dapat mengambil peran yang besar dalam upaya pencapaian Visi Pendidikan Indonesia 2025 dan Visi Indonesia Emas 2050 mengingat cakupan layanan UT di seluruh wilayah Indonesia.

Pada akhir sambutannya, Rektor mengatakan bahwa melalui berbagai langkah strategis yang telah dilakukan, UT sebagai institusi pendidikan tinggi dapat berperan dalam menghasilkan lulusan yang mempunyai kemampuan memberdayakan SDA dan SDM lokal, serta memiliki keunggulan daya saing internasional sebagaimana tuntutan global. Melalui perannya, UT akan terus secara aktif terlibat dalam proses peningkatan daya saing bangsa, dan sekaligus membantu mengentaskan kemiskinan dan pengangguran yang sekarang ini menjadi permasalahan di Indonesia, sehingga kita bersama sebagai sebuah bangsa, akan mampu menjadi “pemain” di pentas global, tidak hanya sebagai penonton. Untuk mencapai semua cita-cita itu tentunya UT tidak dapat melangkah sendiri, diperlukan dukungan semua pihak
untuk dapat mencapai harapan tersebut. Pencapaian sertifikat dan penghargaan Internasional dan ISO, barulah langkah awal bagi UT untuk secara terus menerus meningkatkan kualitas layanan dan peranannya dalam pembangunan nasional, karena lulusan yang berkualitas hanya dihasilkan oleh institusi yang berkualitas.

Pembantu Rektor IV,

Drs. M. Gorky Sembiring, M.Sc
NIP 131466577

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s